Sabtu, 16 Maret 2019

LPJ Prakerin 21018/2019


LEMBAR PENGESAHAN
LPJ ini telah dipelajari dan disetujui oleh :
Waka Humas


Nursalim, S.Pd  
Waka Kurikulum



Dadang Sinatra, S.Pd

Waka Kesiswaan



Aril Efendi, S.Pd






Mengetahui,
Kepala sekolah
SMK Perintis Adiluhur


Amin Mufroil, S.Pd. MM. Pd



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) yang merupakan program kerja rutin DI Bidang Hubungan kemasyarakatan dan Dunia Industri(DU/DI).SMK Perintis Adiluhur
Laporan Pertanggungjawaban ini di susun sebagai kewajiban panitia pelaksana untuk melaporkan segala sesuatu yang terjadi serta yang berhubungan dengan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin)
Kami selaku panitia pelaksana, menghaturkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada :

1.    Allah Swt. Tuhan Yang Maha Esa
2.    Kepala Sekolah SMK Perintis Adiluhur
3.     Waka Kurikulum
4.     Waka Kesiswaan
5.    Waka Administrasi
6.    Kepala Jurusan (Kajur)
    a. Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
    b. Akuntansi Keuangan dan Lembaga
    c. Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ)  
7. Guru Pembimbing sekolah dan Pembimbing DU/DI Dunia Industri
8. Jajaran Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMK Perintis Adiluhur yang telah banyak membantu sehingga dapat terlaksananya kegiatan praktek kerja industri ini tanpa kendala yang berarti
  
Demikian laporan ini kami buat dengan sebaik-baiknya dan semoga dapat bermanfaat bagi semua pihak.Kami mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun, sehingga bisa dijadikan acuan  yang lebih baik lagi di waktu mendatang.




BAB I
PENDAHULUAN
Sekolah Menegah Kejuruan(SMK)Perintis Adiluhur adalah merupakan lembaga yang berperan sebagai wadah dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengkajian diberbagai bidang ilmu pengetahuan, salah satunya adalah Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang diselenggarakan setiap Tahun kususnya kelas XI semua Kompetensi jurusan, serta memberikan pengabdian kepada anak didik didunia kerja nyata yang bermanfaat bagi peserta didik itu sendiri  maupun masyarakat sesuai dengan kompetensi ilmu yang dimilikinya.
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi  manusia, agar menjadi orang  yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Selain itu, Pendidikan nasional juga harus menumbuhkan jiwa patriotik dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawanan sosial serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan serta berorientasi masa depan.
Kreativitas merupakan integrasi dari faktor utama yang ada dalam diri manusia. Dalam menghasilkan pengetahuan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, siswa diharapkan mampu menghasilkan pemikiran kreatif dari ilmu yang di dapat disekola. Salah satu di antaranya melalui Praktek Kerja Industri (Prakerin).  Artinya dengan melalui Praktek Kerja Industri (Prakerin) siswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat melalui dunia kerja yang sebenarnya, Oleh karena itu, perlunya meningkatkan mutu lulusan, salah satunya dengan meningkatkan daya kreatifitas siswa melalui program kompetensi yang dipilihnya.
Berkaitan dengan hal diatas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perintis Adiluhur mengadakan kegiatan  Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang ditujukan untuk mempersiapkan dan memberi pembekalan terhadap siswa  sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian nasional
Diharapkan dari kegiatan ini siswa dapat lebih matang dan siap untuk mengikuti PSG dan membawa nama baik pribadi,lembaga ataupun sekolah.
Demikianlah beberapa landasan pemikiran kami untuk mengadakan kegiatan ini, dan kami berharap SMK Perintis Adiluhur mampu menciptakan kader lulusan sekolah yang berkualitas baik dalam pengetahuan, kreatifitas atau inovasi  sebagai pendukung utama kegiatan Praktek Kerja Industri selanjutnya.
BAB II
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

  Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktek Kerja Industri(Prakerin) ini dilaksanakan  mulai tanggal 17 Desember 2018 sampai dengan 15 maret 2019  yang tersebar di 3 (tiga) wilayah yaitu Bandar Lampung, Kotamadya Metro, dan lampung timur yang tersebar di beberapa instansi, bengkel, lembaga dan DU/DI atau dunia Industri, Selama persiapan dan pelaksanaan kegiatan ini, panitia bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memantau dan mengawasi jalanya kegiatan diantaranya, Pembeimbing DU/DI dari Instansi dan Sekolah, Bengkel dan Lembaga, tak ketinggalan juga Waka Kurikulum,waka Kesiswaan, Kepala Jurusan TKR, TKJ, dan Akuntansi, Bimbingan Konseling, dan sekolah pada umumnya agar Kegiatan Prakerin ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar.
  Panitia Prakerin                 
Panitia prakerin merupakan pembentukan Kepala sekolah SMK Perintis Adiluhur berdasarkan SK pengangkatan Panitia dan guru pembimbing  sebulan sebelum kegiatan ini dilaksanakan.Seluruh panitia melaksanakn tugasnya sesuai dengan kewajiban masing-masing.

  Peserta Kegiatan
Peserta dari kegiatan ini secara keseluruhan diperuntukkan bagi siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) yang berjumlah 26 siswa, Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ)berjumlah 25 siswa  dan Akuntansi Keuangan Dan Lembaga berjumlah 16 siswa sehingga jumlah keseluruhan jumlah peserta prakerin pada sekolah menengah kejuruan (SMK) perintis adiluhur sebanyak 68 siswa.






BAB III
EVALUASI KEGIATAN
1        Waka Humas
a.       Deskripsi Tugas
mengawasi jalannya kegiatan praktek Kerja Industri (Prakerin)
            memberi masukan kepada panitia Prakerin.
b.      Pra Pelaksanaan
         Mengawasi jalannya rapat-rapat kegiatan.
         Mengawasi persiapan sebelum Pelaksanaan Prakerin
         Mengawasi pelaksanaan Prakerin
         Memberi masukan dalam kepada panitia prakerin
        Membantu panitia  dalam mempersiapkan pelaksanaan
       prakerin
c.   Pelaksanaan
         Mengawasi pelaksanaan kegiatan prakerin.
        Memberi masukan dalam beberapa hal kepada panitia
       prakerin.
         Membantu panita lain dalam menjalankan Prakerin
d.   Pasca Pelaksanaan
         Membuat laporan pengawasan.
         Melakukan Evaluasi dengan semua panitia prakerin
         Membuat laporan kegiatan Prakerin
e.   Faktor Pendukung
         Allah SWT
         Koordinasi yang baik antar sesama Panitia Prakerin
         Apresiasi dan sambutan yang begitu antusias dari para
       peserta prakerin

f.    Faktor Penghambat
        Adanya keterlambatan kehadiran, disiplin  dan beberapa
                   Hambatan dalam pelaksanaan prakerin
         Kurangnya publikasi dikarenakan waktu yang minim.

g.  Solusi
         Kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan
       Merupakan solusi segala hambatan yang ada.
B.     Ketua Prakerin

a.  Deskripsi Tugas
Tugas dari ketua prakerin ialah mengatur, mengkoordinir, serta mengawasi segala aspek kegiatan agar kegiatan Prakerin  dapat berjalan dengan baik dan lancar.

b. Pra Pelaksanaan
         Menentukan kepanitiaan.
         Membantu penyusunan proposal.
         Memberikan Job Description kepada seluruh panitia.
         Mengadakan rapat untuk mempersiapkan kegiatan.
         Mengawasi jalannya kegiatan prakerin

c.   Pelaksanaan
         Mengawasi jalanya prakerin
         Mengkoordinir seksi-seksi kepanitiaan
         Melakukan evaluasi kegiatan.

d.   Pasca Pelaksanaan
         Membantu penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ).
         Membantu pembuatan sertifikat.
         Melaporkan hasil LPJ.
e.   Faktor Pendukung
         Allah SWT.
         Semangat dari para peserta dan Panitia Prakerin
         Koordinasi yang baik antar sesama Panitia

f.   Faktor Penghambat
         Sedikitnya jumlah instansi, bengkel dan DU/DI serta waktu
        pengajuan proposal kegiatan.
g.  Solusi
         Kesolidan panitia Prakerin
         Kecepatan panitia prakerin dalam bertindak.
         Pendekatan-pendekatan kepada peserta prakerin dalam
       menyelesaikan setiap masalah yang ada





2        Sie Sekertaris
a.  Deskripsi Tugas
         Tugas sekretaris ialah menyusun hal-hal yang berkaitan dengan
         keadministrasian.
b.  Pra Pelaksanaan
         Membuat Proposal
         Membuat surat-surat yang dibutuhkan
         Menyusun keadministrasian peserta dan panitia.
c.  Pelaksanaan
         Mendata peserta yang hadir
         Mendata panitia yang hadir
d.  Pasca Pelaksanaan
         Membuat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ)
         Membuat sertifikat.
e.  Faktor Pendukung
        Allah SWT
       Semangat dari para peserta prakerin, Panitia dan pembimbing
        Koordinasi yang baik Panitia Prakerin dan Pembimbing
        Apresiasi dan sambutan yang besar dari peserta Prakerin
f.   Faktor Penghambat
       Kurangnya sosialisasi tentang  pembuatan proposal yang benar.
       Keterlambatan penyusunan proposal.
       Minimnya komunikasi pada setiap permasalahan ditempat
      prakerin.
      Minimnya sarana penunjang lainya
g.  Solusi
       Kerja keras dan semangat
       Bantuan teman-teman panitia lainnya
3        Sie Bendahara         
a.  Deskripsi Tugas
Tugas bendahara ialah membuat laporan mengenai dana yang masuk dan yang digunakan dalam kegiatan Prakerin
b.  Pra Pelaksanaan
            Membuat prakiraan dana yang dibutuhkan
     Membuat prakiraan dana yang akan di gunakan
c.   Pelaksanaan
     Mengumpulkan uang pemasukan dari peserta,dan
     pihak-pihak lainnya.
     Menyimpan uang yang masuk
     Mengeluarkan uang kegiatan apabila dibutuhkan.


RINCIAN DANA
“PRAKERIN

d.      Pasca Pelaksanaan
         Membuat laporan keuangan akhir

e.       Faktor Pendukung
         Allah SWT
         Semangat dari para Panitia PRAKERIN
         Koordinasi yang baik antar sesama Panitia Prakein, Kajur dan
       para pembimbing prakerin.

f.       Faktor Penghambat
        Sulitnya memberikan pemahaman/sosialisasi kepada orang
       tua siswa kaitanya kesadaran dalam pelaksanaan prakerin
·              Orang tua masih beranggapan bahwa kegiatan prakerin bukan
    hal yang penting  .
       Terdapat beberapa keterlambatan dalam pembayaran.
       Adanya biaya-biaya yang tidak terduga.

g.      Solusi
         Kerja keras dan semangat
         Bantuan teman-teman panitia lainnya.














JADWAL EGIATAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
No
Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Tempat
1
Sosialisasi
12 Sept 2018
Sekolah
2
Pencarian Du/Di
20 sept 2018
Instansi, Du/Di
3
Pendataan
10 Okt 2018
Sekolah
4
Pembekalan
19 Nov 2018
Sekolah
5
Pelepasan / Pemberangkatan
17 Des 2018
Sekolah
6
Pelaksanaan Prakerin
17 Des 2018 s/d  15 maret 2019
Instansi / Du/Di
7
Monitoring pembimbing
18 maret 2019
Instansi, Du/Di
8
Monitoring Pokja
1 maret 2019
Instansi, Du/di
9
Penarikan Prakerin
15 maret 2019
Instansi, Du/Di
10
Kembali Kesekolah
18 Maret 2019
Sekolah
11
Bimbingan dan pengumpulan laporan
18 maret s/d 07 April 2019
sekolah
12
Seminar
13 april 2019
Sekolah

AGENDA ACARA DAN JADWAL PEMBEKALAN
PRAKERIN SEKOLAH
No
Kelas
Program Keahlian
Tanggal
Pemateri
Topik
Waktu
1
XI TKR
XI AK
XI TKJ

Semua program Keahlian

19 Nov 2018
Kepala Sekolah
Wk. Kurikulum
Administrasi
Kebijakan Prakerin
Etos Kerja
Administrasi
07.00 -07.30
07.30 -08.00
08.00 -09.30

AGENDA ACARA DAN JADWAL PEMBEKALAN
PRAKERIN PROGRAM KOMPETENSI / KEAHLIAN
No
Program Keahlian
Kls
Tgl
Pemateri
Topik
Waktu
1
TKR
XI

M.Habib Mustofa, S.Pd
Materi Oto & motivasi
10.00-12.00
2
Akuntansi
XI
19-11-2018
Miftakhurohman, S.Pd
Materi Ak & Motivasi
10.00-12.00
3
TKJ
XI

Aristiawan,A.Md.Kom
Materi TKJ& Motivasi
10.00-12.00



PANITIA PELAKSANA
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PERINTIS
TAHUN AJARAN 2018/2019

Penasehat
:
Amin Mufroil,S.Pd. M. Pd.
Ketua
:
Nursalim, S.Pd
Wakil Ketua
:
Endang Sulistiani, S.Pd
Sekretaris
:
Eko Yunius Setiawan, S.Pd
Bendahara
:
Reni Afriyani, S.Pd
Kordinator Pembimbing
:
Endang Sulistiani, S.Pd
Sie Humas
:
Mujiman, S.Pd
Kordinator Jurusan TKR
:
M.Habib Mustofa, S.Pd
Kordinator Jurusan TKJ
:
Aristiawan, A.Md.Kom.
Kordinator Jurusan AK
:
Miftakhurrohman, S.PdI.
Pembimbing prakerin
:
Aril Efendi, S.Pd

:
Sri Kias Artiningsih, S.Pd

:
Saefulloh, S.Pd

:
Mujiman, S.Pd

:
Sartiah, S.Pd

:
Rahmawati Dewi, S.Pd

:
Endang Lestari, SE

:
Atmiasih, SE

:
Nurul Halimah, S.Pd

:
Ni Made Murni, S.Kom

:
Fitriah,

:
Arif Setiawan. S.Kom

:
Ana Pertiwi, S.Pd






BAB IV
PENUTUP

     Demikianlah laporan pertanggungjawaban kami buat sebagai laporan atas segala hal-hal yang terjadi pada saat pelaksanaan. Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dari semua  pihak yang telah mendukung. Semoga keikhlasan semua  pihak yang membantu kami di Ridhai Allah Swt. Amin ya Robbal’alamin.

Hormat kami,

Ketua
Sekretaris









Nursalim, S.Pd

Eko Yunius Setiaan, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

24 Mei 2025